Jumat, 24 Desember 2010

CONTOH RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XI/ 2.
PERTEMUAN KE : 1 dan 2 (Pertama dan Kedua )
ALOKASI WAKTU : 4 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 19. Memahami ayat-ayat Al-Quran tentang
perintah menjaga Kelestarian
lingkungan hidup.
KOMPETENSI DASAR : 19.1. Membaca QS Ar-Rum:41; Al-
A’raf:56-58; dan Ash-Shod: 27.
19.2. Menjelaskan arti QS Ar-Rum:41, Al-
A’raf:56-58; dan sh- Shod: 27.
19.3. Membiasakan perilaku menjaga
kelestarian lingkungan hidup seperti
terkandung dalam QS Ar-Rum:41;
Al-A’raf:56-58; dan Ash- Shod: 27.
INDIKATOR : - dapat membaca ayat diatas dengan
bagus
- dapat mengartikan ayat-ayat tersebut
diatas.
- dapat menerapkan pelestarikan
lingkungan hidup dalam kehidupan
sehari-hari.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
: Agar dapat membaca Al-Quran dengan
baik,
Agar dapat menerapkan makna ayat
tersebut kehidupan sehari-hari.
II. MATERI AJAR : 1. Surat Ar-Rum:41, Al-A’Raf: 56-58; dan
Ash-Shod :27.
: 2. Makna Surat Ar-Rum:41,Al-A’Raf: 56-58,
Ash-Shod:27.
: 3. Prilaku yang yang dijelaskan oleh ayat
tersebut.
I
II. METODE
PEMBELAJARAN
: 1. Tanya Jawab
2. Ceramah Bervariasi dan diskusi
3. Tugas individu mengirim melalui e-mail
IV. LANGKAH2
PEMBELAJARAN
A. Langkah Awal
1. Guru melaksanakan pre-test
2. Tugas kepada siswa membaca modul
B. Langkah Inti
1. Siswa mencatat hal – hal penting dari
modul
2. Menanyakan hal – hal yang kurang
dipahami
3. Guru bertanya kepada siswa
4. Tanya jawab guru dan atau kelompok
5. Menyimpulkan hasil pembelajaran
C. Kegiatan Akhir
1. Melaksanakan post test
2. Remedial
V. ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR
: Buku Pelajaran Agama Islam Dept Agama,
Buku Penunjang dari lainnya,
Al-Quran dan terjemahannyan oleh Depag.
VI. PENILAIAN : Bentuk Tes : Tertulis, Tes Lisan, dan
Pengamatan dan melalui e-mail
VI. BENTUK SOAL : Esay
1. Bacalah Surat Ar-Rum: 41, Al-A’raf:56-58,
Ash-Shod:27.
2. Jelaslah ayat tersebut diatas
3. Bagaimanakah cara melestarikan hidup?
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XI/ 2.
PERTEMUAN KE : 6 (Keenam )
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 23. Memahami ketentuan hukum Islam
tentang pengurusan jenazah.
KOMPETENSI DASAR : 23.1. Menjelaskan tatacara pengurusan
jenazah.
23.2. Memperagakan tatacara pengurusan
jenazah.
INDIKATOR : - dapat menerangkan cara
memandikan, mengkafani, mensholatkan
dan menguburkan jenazah.
- dapat memperagakan memandikan,
mengkafani, mensholatkan dan
menguburkan.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
: - Agar mengetahui cara memandikan,
mengkafani, mensholatkan dan
menguburkan jenazah.
- Agar dapat melaksanakan
penyelenggaraan jenazah ini terhadap
keluarga yang mengalaminya.
II. MATERI AJAR : 1. Tata cara penyelenggaraan jenazah.
III. METODE
PEMBELAJARAN
: 1. Tanya Jawab
2. Ceramah Bervariasi dan diskusi
3. Tugas individu mengirim melalui e-mail
IV. LANGKAH2
PEMBELAJARAN
A. Langkah Awal
1. Guru melaksanakan pre-test
2. Tugas kepada siswa membaca modul
B. Langkah Inti
1. Siswa mencatat hal – hal penting dari
modul
2. Menanyakan hal – hal yang kurang
dipahami
3. Guru bertanya kepada siswa
4. Tanya jawab guru dan atau kelompok
5. Menyimpulkan hasil pembelajaran
C. Kegiatan Akhir
1. Melaksanakan post test
2. Remedial
V. ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR
: Buku Pelajaran Agama Islam Departemen
Agama,
Buku Penunjang dari lainnya,
Al-Quran dan terjemahannyan oleh
Departemen Agama.
VI. PENILAIAN : Bentuk Tes : Tertulis, Tes Lisan, dan
Pengamatan dan Melalui e-mail
VI. BENTUK SOAL : Esay
1. Jelaskan 4 kewajiban terhadap jenazah!.
2. sebutkanlah hukum penyelenggaraan
jenazah!.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XI/ 2.
PERTEMUAN KE : 3 (Ketiga )
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 20. Meningkatkan Keimmanan kepada
Kitab-kitab Allah,
KOMPETENSI DASAR : 20.1. Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan kepada Kitabkitab
Allah.
20.2. Menerapkan hikmah beriman kepada
Kitab-kitab Allah.
INDIKATOR : - dapat mengenal kitab-kitab yang diturun
kan Allah.
- dapat menerapkan fungsi kitab Allah
sebagai pedoman hidup manusia yang
beriman.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
: Agar mengenal kitab Allah yang
diturunkan
Agar dapat menerapkan dalam kehidupan.
II. MATERI AJAR : 1. Empat Kitab Allah dan 100 shuhuf.
III. METODE
PEMBELAJARAN
: 1. Tanya Jawab
2. Ceramah Bervariasi dan diskusi
3. Tugas individu mengirim melalui e-mail
IV. LANGKAH2
PEMBELAJARAN
A. Langkah Awal
1. Guru melaksanakan pre-test
2. Tugas kepada siswa membaca modul
B. Langkah Inti
1. Siswa mencatat hal – hal penting dari
modul
2. Menanyakan hal – hal yang kurang
dipahami
3. Guru bertanya kepada siswa
4. Tanya jawab guru dan atau kelompok
5. Menyimpulkan hasil pembelajaran
C. Kegiatan Akhir
1. Melaksanakan post test
2. Remedial
V. ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR
: Buku Pelajaran Agama Islam Dept Agama,
Buku Penunjang dari lainnya,
Al-Quran dan terjemahannyan oleh Depag.
VI. PENILAIAN : Bentuk Tes : Tertulis, Tes Lisan, dan
Pengamatan dan melalui e-mail
VI. BENTUK SOAL : Esay
1. Jelaskan kitab yang diturunkan kepada
Nabi:
a. Musa. AS
b. Daud. AS
c. Isa AS
d. Muhammad SAW
2. Apakah fungsi kitab Allah bagi umatnya?.
3. Jelaskan cara al-Qur’an diturunkan!.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XI/ 2.
PERTEMUAN KE : 4 (Keempat )
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 21. Membiasakan perilaku terpuji.
KOMPETENSI DASAR : 21.1. Menjelaskan pengertian dan maksud
menghargai karya orang lain.
21.2. Menampilkan contoh perilaku
menghargai karya orang lain.
21.3. Membiasakan perilaku menghargai
karya orang Lain dalam kehidupan
sehari-hari.
INDIKATOR : - dapat menjelaskan pengertian dan
maksud menghargai karya orang lain.
- dapat memberikan contah perilaku
menghargai karya orang lain.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
: Agar mengenal perilaku menghargai orang
lain.
Agar dapat menerapkan dalam kehidupan.
II. MATERI AJAR : 1. Menghargai karya orang lain dalam
kehidupan.
III. METODE
PEMBELAJARAN
: 1. Tanya Jawab
2. Ceramah Bervariasi dan diskusi
3. Tugas individu mengirim melalui e-mail
IV. LANGKAH2
PEMBELAJARAN
A. Langkah Awal
1. Guru melaksanakan pre-test
2. Tugas kepada siswa membaca modul
B. Langkah Inti
1. Siswa mencatat hal – hal penting dari
modul
2. Menanyakan hal – hal yang kurang
dipahami
3. Guru bertanya kepada siswa
4. Tanya jawab guru dan atau kelompok
5. Menyimpulkan hasil pembelajaran
C. Kegiatan Akhir
1. Melaksanakan post test
2. Remedial
V. ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR
: Buku Pelajaran Agama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar